JudulPERAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BIROMARU |
Nama: WINDAYANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Windayana, 2021. Peran Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres Biromaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Biromaru. Jenis penelitian dalam Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Inpres Biromaru Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Dari hasil penelitian Peran pembelajaran online terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Biromaru berlangsung cukup efektif. Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan valuasi (memeriksa tugas yang dkirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui whatsapp dan menuliskannya di laporan). Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan kelas online selama masa pandemi covid-19 pada siswa kelas V SD Inpres Biromaru adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran online hanya dapat dilakukan melalui aplikasi whatsapp, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. Kata Kunci: Peran Pembelajaran Online, Hasil Belajar Siswa. |