Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar SBdP Kelas V SDN Ujung Tibu
Nama: NUR HASANA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nur Hasana. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar SBDP Kelas V SDN Ujung Tibu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Herlina. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dilapangan mengenai hasil belajar siswa yang rendah, kurangnya pemanfaatan sarana, prasarana,dan media pembelajaran khususnya media audio visual. Tujuan dari penelitian inipun untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Ujungtibu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen dengan desain quasi experimental tipe nonequivalent group design. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian hasil belajar yaitu terbukti dengan rata-rata tes awal kelas eksperimen pretest 60,65 meningkat pada jumlah tes posttest sebesar 85.48. Sedangkan rata-rata kelas kontrol yang tanpa menggunakan media audio visual atau perlakuan mendapat rata-rata hasil belajar sebesar pretest 49,52 dan posttest 58,55. Hasil analisis data statistika pun membuktikan bahwa Ha diterima dari uji t diperoleh ?????????????????????????3,214 > ???????????????????????? 2,045. Dapat diketahui dari data diatas bahwa kelas eksperimen yang diberikan tindakan atau media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Pengaruh

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up