JudulANALISIS KEDISIPLINAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19 STUDI KASUS KELAS V SDN 1 POSONA |
Nama: WAHYUNI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Wahyuni, 2021. Analisis Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemik Covid 19 Studi Kasus Kelas V SDN 1 Posona. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru terhadap pembinaan kedisiplinan siswa di SDN 1 Posona, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan kedisiplinan siswa di SDN 1 Posona. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam pembinaan kedisiplinan siswa yaitu, mengunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan kedisiplinan disiplin,religius, mandiri, tanggung jawab, gemar membaca dan peduli lingkungan. Faktor penghambat peran guru dalam membina kedisiplinan siswa yaitu : Adanya wabah penyakit corona, pengaruh pergaulan teman sebaya dilingkungan tempat tinggal siswa , terbatasnya komunikasi antara orang tua siswa dan siswa dikarenakan faktor ekonomi dan terlalu asik dengan gadget pribadi. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru terhadap membina kedisiplinan siswa di SDN 1 Posona dalam pembelajaran daring dari jumlah 20 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase dapat disimpulkan masuk dalam kategori sangat tinggi. |