JudulHUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS IV DI SDN 4 BANAWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: HAJIRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Hajira 2020. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran SBdP Kelas IV di SDN 4 Banawa Pada Masa Pandemi Covid19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV SDN 4 Banawa pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV SDN 4 pada masa pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 4 Banawa dengan jumlah total 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari data nilai ulangan harian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa : Kreativitas mengajar guru di SDN 4 Banawa termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 18 siswa atau 90% yang menyatakan kreativitas mengajar guru sangat tinggi dan 2 siswa atau 10% yang menyatakan kreativitas guru tinggi. Hasil belajar siswa kelas IV dari hasil pembelajaran SBdP diperoleh bahwa 20 siswa yang menjadi responden terdapat 9 siswa atau 45% yang hasil belajar SbdPnya mendapatkan predikat baik sekali dan 11 siswa atau 55% yang hasil belajar SbdPnya mendapatkan predikat baik dan terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rhitung > rtabel = 0,6355 > 0,4438 pada taraf signifikan 95% atau taraf kesalahannya 5% atau 0,05 dan n-2 = 18 (20-2). Pada nilai interprestasi koefisien korelasi, maka dapat dikategorikan “Kuat” tingkat hubungannya. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis (H1) “diterima” dan hipotesis (H0) “ditolak” dengan demikian ada hubungan kreativitas mengajar guru terdahap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV SDN 4 pada masa pandemi Covid-19. |