Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD
Nama: ANNISA AGUSTIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Annisa Agustiani (2020). “Pengembangan modul pembelajran sifat-sifat persegi dan persegi panjang berbasis penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Mufidah S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran sifat-sifat persegi dan persegi panjang berbasis penemuan terbimbing pada sisa kelas IV SD. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang di kembangkan oleh Borg and Gall. Prosedur pengembangan yang terdiri dari 6 tahap antara lain : 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) pengembangan draf produk; 4)uji lapangan awal; 5) merevisi hasil uji coba; dan uji coba lapangan utama. Data hasil penelitian diperoleh dari tiga sekolah yakni SDN Inti Olaya, SDIT Al-ihsan Parigi dan SDN Bambalemo. Tahapan pada validasi terdiri dari validasi ahli materi (sifat-sifat persegi dan persegi panjang) dan ahli media (desain modul). Hasil yang diperoleh dari kedua tahapan validasi materi dan media pada kriteria sangat baik, hal ini mengindikasi bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan valid untuk digunakan. Pada uji lapangann dilakukan dua tahapan yang pertama uji coba lapangan awal dengan jumlah responden sebanyak 3 orang siswa yang telah melewati materi dan uji coba lapangan utama pada siswa kelas IV di SDN Inti Olaya, SDIT Al-ihsan Parigi dan SDN Bambalemo. Pada uji lapangan utama untuk menguji kelayakan modul digunakan angket respon siswa dan guru. Hasil yang diperoleh oleh peneliti pada uji coba lapangan utama dengan nilai rata-rata 4,69 kriteria sangat baik dan pada guru diperoleh nilai rata-rata 4,64 dengan kriteria “sangat baik”, sehingga modul pembelajaran layak untuk digunakan. Dengan demikian berdasarkan hasil dari validasi dan uji lapangan utama dapat diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran sifat-sifat persegi dan persegi panjang berbasis penemuan terbimbing pada siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar dalam pengajaran matematika di kelas IV SD.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up