JudulHUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID19 KELAS V SDN 4 POSO |
Nama: LATITA SHEKINA GLORY PODE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latita Shekina Glory Pode, 2021. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dimasa Pandemi Covid19 kelas V SDN 4 Poso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN 4 Poso dimana terdapat perbedaan jumlah siswa yang belum mencapai KKM di kelas guru yang kreatif dan guru yang belum kreatif. Hasil belajar siswa kelas V di SDN 4 Poso tersebut masih dapat dikatakan rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetagui hubungan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil Pada butir pembelajaran efektif terdapat 10 orang siswa atau 41,67% menyatakan sangat setuju dan 14 orang atau 58,33% menyatakan setuju bahwa Bapak/Ibu guru sudah melaksanakan pengkonsisian kelas terlebih dahulu agar pembelajaran berlangsung dengan efektif dan aktif sehingga proses pembelajaran berlangsung tenang dan materi yang di berikan dapat di mengerti oleh siswa. Namun pada beberapa kondisi peneliti memperoleh data memperlihatkan bahwa masih terdapat beberapa kondisi guru yang terkadang tidak memberikan motivasi atau pengauatan kepada siswa terkait pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas V SDN 4 Poso, Kecamatan Kaua Kabupaten Poso. Pada salah satu point yaitu tentang melibatkan rekan-rekan Guru secara Kolektif (Kelompok) dalam Kelas terdapat 7 orang siswa atau 29,17% menyatakan sangat setuju, terdapat 3 siswa atau 12,50% menyatakan setuju, 0 siswa atau 0% menyatakan kurang setuju, 12 orang siswa atau 50% menyatakan tidak setuju dan ada 2 orang siswa atau 8,33% siswa yang menyatakan sangat tidak setuju guru melibatkan rekan-rekan guru secara kolektif atau kelompok dalam kelas disekolahnya. Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Prestasi Belajar. |