Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERMAIN GITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GKST 3 TENTENA
Nama: RIKSON MONTJAI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nama, Nim. A40117317, Judul Skripsi Pengaruh Video Pembelajaran Bermain Gitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GKST 3 TENTENA : Pembimbing : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video bermain gitar terhadap hasil belajar seni musik siswa kelas IV GKST 3 TENTENA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa, yakni terdiri dari kelas IV A 32 siswa kelas eksperimen dan kelas IV B 26 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obersevasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tes oleh peneliti dengan pengisian lembar tes maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video bermain gitar berpengaruh terhadap hasil belajar seni musik siswa. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, yang mana kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media video bermain gitar dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar. Adapun hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media komikdapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada kelas VIII SMPKotaPalu. Melalui penerapan media gambar berbasis kearifan lokal siswa mampu menyimak, membaca dan menulis. Kata kunci: Media video, hasil belajar seni musiK

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up