JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LOLU KECAMATAN BIROMARU KABUPATEN SIGI |
Nama: HADRA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Hadra (2020). Hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas IV SDN Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal S.Ag.,M.Pd Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar siswa. Adapun subyek yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 27 siswa untuk mengumpulkan data, digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas IV serta melihat hasil nilai raport. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 17 siswa atau 62,96% siswa berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong sangat tinggi, 10 siswa atau 37,03% siswa yang berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa berpendapat kemampuan mengajar guru yang tergolong rendah maupun sangat rendah. Selanjutnya untuk prestasi belajar siswa terdapat 10 siswa atau 37,03% siswa yang memiliki prestasi belajar sangat tinggi, 17 siswa atau 62,96% siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa yang memiliki prestasi belajar rendah maupun sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis ferensial dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf kepercayaan 95% diperoleh r_h (r_hitung )=0,720 dikonsultasikan dengan tabel r diperoleh 0,381, dengan demikian r_h (r_hitung )>r_t ?(r?_tabel) atau 0,720>0,381. Maka konsekuensinya Ho ditolak. Dengan demikian ada Hubungan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Lolu Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi. Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Guru, Prestasi Belajar |