JudulANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS III SDN 022 PELONTU |
Nama: NUR ATIKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nur Atika, 2021. Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas III SDN 022 Pelontu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru terhadap pembinaan karakter siswa kelas III di SDN 022 Pelontu, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan karakter siswa kelas III di SDN 022 Pelontu. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 20 orang siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam pembinaan karakter siswa yaitu, mengunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan karakter disiplin,religius, mandiri, tanggung jawab, gemar membaca dan peduli lingkungan. Faktor penghambat peran guru dalam membina karakter siswa yaitu : Adanya wabah penyakit corona, pengaruh pergaulan teman sebaya dilingkungan tempat tinggal siswa , terbatasnya komunikasi antara orang tua siswa dan siswa dikarenakan faktor ekonomi dan terlalu asik dengan gadget pribadi. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru terhadap membina karakter siswa kelas III di SDN 022 Pelontu dalam pembelajaran daring dari jumlah 20 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase dapat disimpulkan masuk dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Pembinaan Karakter, Pembelajaran Jarak Jauh |