Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 KALUKUBULA DI MASA PANDEMIC COVID 19
Nama: ISRANUR
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Isranur. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Kalukubula di Masa Pandemi Covid 19. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Herlina Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Kalukubula di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain “ Nonequivalent Control Group Design”. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN 2 Kalukubula dengan jumlah total 27 orang siswa yang terdiri dari 2 kelompok, kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran daring sebagai kelompok A dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran tatap muka sebagai kelompok B. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar tematik tema 4 dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan data kelompok eksperimen diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 68,3 dengan standar deviasi 12,64 dan skor rata-rata posstest sebesar 79,8 dengan standar deviasi 11,5. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 73,0 dengan standar deviasi 17,80 dan skor rata-rata posttest sebesar 72,2 dengan standar deviasi 16,3. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 2,4 dan nilai ttabel adalah 2,06 dengan jumlah sampel 27 siswa. Kedua nilai tersebut diketahui bahwa nilai thitung> nilai ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 dan derajat kebebasan = 25. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Daring pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Kalukubula di Masa Pandemi Covid 19. Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up