JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SDN 8 LABUAN |
Nama: MOHAMMAD ARIF |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh Arif, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pembagian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay di Kelas IV SDN 8 Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Khususnya pada materi pembagian bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 8 Labuan yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti alur penelitian Model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Labuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi pada siklus I yaitu mengenal rangka manusia dan pada siklus II yaitu fungsi rangka. Hasil belajar pada pra tindakan yaitu daya serap klasikal 66,2 ?n ketuntasan belajar klasikal 48 %. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I memperole nilai rata-rata 69,44 ?rada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai ratarata 94,44 ?rada pada kategori sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 ?rada pada kategori cukup, pada siklus II kegiatan siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 ?rada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I daya serap klasikal 71,28 ?n ketuntasan belajar klasikal 64 %. Hasil belajar pada siklus II daya serap klasikal 87,6 ?n ketuntasan belajar klasikal 92 %. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenui indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar klasikal memperole nilai minimal 80 % maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay pada Mata Pelajaran Pembagian Bilangan Bulat dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Labuan. Kata kunci: Pembelajaran Pembagian Bilangan Bulat, Model Pembelajaran Course Review Horay dan Hasil Belajar. |