Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFaktor Penghambat Guru Dalam Pembelajaran Online Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN Inpres 2 Tondo
Nama: NURUL ULYA LADJUMA
Tahun: 2022
Abstrak
Nurul Ulya Ladjuma, 2022. “ Faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika Kelas V di SDN Inpres 2 Tondo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr.Hj. Akina, M.P.d Penelitian ini bertujuan untuk melihat Faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran Online pada Pelajaran Matematika Kelas V di SDN Inpres 2 Tondo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif sebagai pendukungnya. Jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V di SDN Inpres 2 Tondo. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dilihat dari 14 pernyataan dengan jumlah rata-rata skor perolehan kedua pengamat yang menjadi penghambat guru diketahui 6 pernyataan yang menyatakan kadang-kadang dengan nilai presentase 42,86 % termasuk klasifikasi cukup bahwa penghambat guru dilihat dari faktor proses pembelajaran yang disebabkan adanya dari faktor internal dan eksternal yaitu dari kesiapan, intelegensi, perhatian, cacat tubuh (jasmani), alat pelajaran, dan sarana dan prasarana. Dilihat dari penelitian ini faktor penghambat dari proses pembelajaran yaitu alokasi waktu mengajar yang tidak maksimal, peserta didik yang kesulitan dalam memahami pelajaran, peserta didik yang tidak semua memiliki hanphone, serta kuota atau jaringan yang menyebabkan kendala dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Faktor penghambat guru, pembelajaran online, matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up