JudulImplementasi CTL Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Kaluku Tinggu |
Nama: SITI HARTINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Siti Hartina (2022). Implementasi CTL pada pembelajaran PKN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 kaluku tinggu. Skripsi program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V di sebabkan pola monoton yang dilakukan oleh guru yang mengajarkan pkn. Maka CTL dijadikan alat untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.taggart yang terdiri dari dua siklus.Dimana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksaan,observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PKN . Hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran pkn di kelas V SD Inpres 1 kaluku tinggu Tinggu. Hal ini ditujuhkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan siklus 1 dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 54,16?n daya serap klasikal 60,41?n pada tindakan siklus 2 menjadi 87,5 % tercapainya ketuntasan belajar klasikal dan 70,20 tercapainya daya serap klasikalnya dan merujuk pada hasil aktifitas siswa pada siklus 1 tindakan 1 mencapai 53,57?n pada tindakan 2 mencapai 71,42?ngan nilai rata-rata (NR) 62% kriteria cukup, pada siklus 2 terjadi peningkatan pada tindakan 1 mencapai 82,14?n pada tindakan 2 mencapai 92,85?ngan nilai rata-rata (NR) 87% kriteria baik. Sedangkan aktifitas guru pada siklus 1 tindakan 1 mencapai 64,28?n pada tindakan 2 75?ngan kriteria cukup, pada siklus terjadi peningkatan pada tindakan 1 dengan persentase 85,71?n pada tindakan 2 mencapai 96,42?ngan kriteria sangat baik. Kata kunci : Hasil Belajar, Model CTL |