Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN 8 MAMBORO BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: MAGFIRA RENTA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Magfira Renta (2021). Profil Masalah Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SDN 8 Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Akina. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Profil Masalah Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SDN 8 Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyelesaiaan Masalah Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SDN 8 Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan Matematika. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah operasi hitung campuran adalah sebagai berikut: 1) Tahap memahami masalah subjek kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah melakukan pembacaan berulang sehingga subjek mampu mengidentifikasi informasi yang tersedia di soal seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. 2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek kemampuan matematika tinggi memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara mengkalikan dan menjumlahkan. Subjek kemampuan matematika sedang memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan dan mengurangkan. Sedangkan subjek kemampuan matematika rendah memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan. 3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek matematika tinggi dengan cara menuliskan terlebih dahulu informasi yang terdapat disoal seperti yang diketahui dan yang ditanyakan, kemudian subjek memulai perhitungan. Subjek matematika sedang melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan cara menuliskan terlebih dahulu informasi yang terdapat disoal seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, barulah subjek memulai perhitungan. Subjek kemampuan matematika rendah melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan. 4) Tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek kemampuan matematika tinggi melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya dengan memeriksa kembali langkah demi langkah pekerjaannya. Subjek kemampan matematika sedang melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya. Subjek kemampuan matematika rendah tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya. Kata Kunci : Operasi Hitung Campuran, Tingkat Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up