Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEvaluasi Pembelajaran Luar Jaringan Dalam Pemberian Tugas Kepada Peserta Didik Pada Mata Pelajaran ISBD Di Masa Pandemic Covid 19 Di SDN Inpres Tomehip
Nama: RIRIANI TOEWA
Tahun: 2022
Abstrak
Ririn Toewa. 2021. Evaluasi Pembelajaran Luar Jaringan dalam Pemberian Tugas Kepada Peserta Didik pada Mata Pelajaran ISBD di Masa Pandemic Covid 19 Di SDN Inpres Tomehip. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Taduako. Pembimbing: Yun Ratna. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pembelajaran luar jaringan dengan pemberian tugas efektif digunakan dalam materi ISBD kelas IV SD Inpres Tomehip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tugas rumah efektif digunakan dalam materi ISBD kelas IV SD Inpres Tomehip. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Pra-Eksperimen dan menggunakan Desain Penelitian One-Group Pretest-Posttest yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV. Sebelum diberikan perlakuan terlebih dahulu diadakan Pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa kemudian diberikan perlakuan dan diadakan Posttest. Dan penelitian ini menggunakan analisis data yaitu Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata – rata siswa setelah dilakukan pembelajaran luar jaringan dengan penggunaan metode pemberian tugas rumah (Posttest) mengalami peningkatan yang signifikan atau lebih tinggi yaitu 79,52?ngan rentang skor 40 dibanding dengan (Pretest) atau sebelum dilakukan pembelajaran luar jaringan dengan penggunaan metode pemberian tugas rumah yaitu 54,28?ngan rentah skor 60. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tomehip juga diketahui dari uji N-Gain melalui skor Pretest dan Posttest diperoleh sebesar 0,47 berada pada kategori sedang. Selain itu, rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara keseluruhan 72,98?rada pada dikategorikan baik. Hasil angket respon siswa terhadap penggunaan metode pemberian tugas rumah yaitu 80,95% sehingga dapat dikegorikan baik (positif). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas rumah efektif digunakan pada pembelajaran luar jaringan materi ISBD di kelas IV SD Inpres Tomehip. Kata Kunci : Pembelajaran luar jaringan Luring, Penggunaan Pemberian Tugas, Mata pelajaran ISBD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up