JudulPENGARUH ALAT PERAGA MINIATUR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 3 BALAESANG TANJUNG |
Nama: NINGSIH KURNIASIH |
Tahun: 2022 |
Abstrak NINGSIH KURNIASIH, 2022. Pengaruh Alat Peraga Miniatur Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 3 Balaesang Tanjung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ratman Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar IPS dengan menggunakan alat peraga miniatur pada siswa kelas V SDN 3 Balaesang Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 3 Balaesang Tanjung yang berjumlah 24 orang, dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang diantaranya 7 berjenis kelamin laki-laki dan 5 berjenis kelamin perempuan. Siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang diantaranya 7 berjenis kelamin laki-laki dan 5 berjenis kelamin perempuan. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan t-test 0,02 dengan ? < 0,05 berdasarkan hasil tersebut maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya ada pengaruh alat peraga miniatur terhadap minat belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga miniatur mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 3 Balaesang Tanjung. Kata kunci : Alat Peraga Miniatur, Minat Belajar Siswa |