JudulANALISIS KEMAMPUAN BERINOVASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V DI SDN 01 PARIGI |
Nama: ANISA DESTEFANIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Anisa Destefania (2020). Analisis Kemampuan Berinovasi dalam Pembelajaran di Kelas V SDN 01 Parigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berinovasi dalam pembelajaran? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berinovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptis, melibatkan 24 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan tentang kemampuan berinovasi dalam pembelajaran di kelas V SDN 01 Parigi, sudah baik, hal ini terlihat dari responden dari siswa yang telah mengisi angket dan memberikan hasil yang positif dalam pembelajaran yang diberikan. Hal ini ditunjukan dari total responden dari hasil jawaban dari 24 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase jawaban sangat setuju dan sangat setuju sebesar 80%, sedangkan 20% menjawab tidak setuju dan kurang setuju. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan dari beberapa alternatif indikator yang tersedia. Siswa lebih banyak memilih jawaban setuju dan paling sedikit menjawab tidak setuju. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada kemampuan berinovasi dalam pembelajaran di kelas V SDN 01 Parigi. Kata Kunci : Kemampuan Berinovasi, Pembelajaran dan Siswa |