JudulIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD KARYA THAYYIBAH SUMBOLI WANI |
Nama: SUCI WURYANINGSI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Suci Wuryaningsi, (2021). Implementasi Kurikulum 2013 di SD Karya Thayyibah Sumboli Wani. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1). Rizal Masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah implementasi kurikulum 2013 di SD Karya Thayyibah Sumboli Wani?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 di SD Karya Thayyibah Sumboli Wani. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik observasi, angket, Wawancara/interview dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dilakukan teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SD Karya Thayyibah Sumboli Wani telah dilaksanakan dan diterapkan pada semua kelas.. Namun ada masalah kultural yang terjadi yaitu siswa kelas 4 masih belum bisa diajak menggunakan metode yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena kebiasaan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran sejak kelas 1. Selanjutnya dalam penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di SD Karya Thayyibah Sumboli Wani, guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai 3 kompetensi siswa yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hambatan yang dihadapi mulai dari fasilitas yang kurang lengkap, penyesuaian guru dalam mengajar menggunakan metode berbeda, dan evaluasi. Masalah kultural merupakan masalah yang cukup berat karena sulitnya merubah mindset siswa dalam pembelajaran pada kurikulum 2013. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pembelajaran, Sekolah Dasar |