Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID19 SISWA DI KELAS V SDN BAMBALEMO
Nama: NURLINA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Nurlina, 2020. Hubungan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar di masa Pandemi Covid19 Siswa di Kelas V SDN Bambalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Berdasarkan hasil observasi permasalahan di SDN Bambalemo, guru memiliki kinerja yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran kinerja guru sangatlah berpengaruh bagi peserta didiknya. Dengan adanya kinerja guru siswa tidak semau-maunya melakukan perbuatan yang tidak diinginkan seperti tidak disiplin, tidak menghargai dan menghormati guru saat berbicara di depan kelas. Disamping itu juga ada guru-guru di SDN Bambalemo yang kinerjanya kurang maksimal dalam menyelengarakan proses pembelajaran di kelas seperti telat masuk kelas, kurang mendorong dan membimbing ketika peserta didiknya belum mengerti dengan materi pembelajaran yang diajarkan sehingga siswa tidak mengalami kemajuan dalam prestasi belajarnya, justru kinerja guru menjadi menurunya prestasi belajar peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di masa pandemi Covid19. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif yang melukiskan atau menggambarkan tentang hubungan antara variable X (Kinerja Guru) dengan variable Y (Prestasi Belajar Siswa). Hasil Penelitiam ini dilihat dari Kriteria kinerja guru klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 15 siswa atau 48,39% yang menyatakan kinerja guru di SDN Bambalemo cukup, 16 siswa atau 51,61% yang menyatakan kinerja guru kurang Sedangkan dari kriteria prestasi belajar siswa dapat dilihat dari klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 41,93% yang menyatakan prestasi belajar siswa cukup dan 18 siswa atau 58,07% yang menyatakan prestasi belajar siswa di SDN Bambalemo kurang. Berdasarkan data yang di peroleh di lapangan menunjukkan adanya hubungan yang serius antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa, hal ini di buktikan dari rendahnya data angket kinerja guru, prestasi belajar dan perolehan nilai raport peserta didik. Kata Kunci: Hubungan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up