Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BAMBALEMO PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM SITUASI PEMBERLAKUAN PSBB COVID-19
Nama: SINTA FITRAYANTI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sinta Fitrayanti (2020). Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Huber Yaspin Tandi. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah sejauh mana Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid-19. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “ Ada Hubungan Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa IV SDN Bambalemo Pada Pembelajaran IPS Dalam Situasi Pemberlakuan PSBB Covid19”. Adapun subyek yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 20 siswa untuk mengumpulkan data, digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas IV serta melihat hasil nilai Rapor siswa sebelum pemberlakuan pembatasan social berskala besar (PSBB) angket perbandingan. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. hasil analisis deskripsi mengenai Hubungan Bimbingan Belajar bahwa terdapat 8 siswa atau 40% siswa yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar yang tergolong sangat tinggi, 12 siswa atau 60% siswa yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar yang tergolong tinggi, 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar tergolong cukup, 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar tergolong rendah, dan 0 siswa atau 0% yang berpendapat Hubungan Bimbingan Belajar tergolong sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis regresi dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf signifikan 5% diperoleh ( ) dikonsultasikan dengan ( ) diperoleh 0,444, dengan demikian ( ) ( ) atau 0,999 > 0,444. Berdasarkan hasil pengujian tersebut (Ha) yang menyatakan terdapat hubungan antara hubungan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hubungan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bambalemo pada pembelajaran IPS dalam situasi pemberlakuan PSBB COVID-19. Kata Kunci : Hubungan Bimbingan Belajar, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up