JudulPENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 BAJUGAN |
Nama: NURUL KHOFIFAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Khofifah (2020). Pengaruh strategi Index Card Match terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN 2 Bajugan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan strategi Index Card Match terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN 2 Bajugan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group-pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik keals V b SDN 2 Bajugan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampel atau sampel bertujuan. Terdapat tiga kegiatan inti dalam penelitian ini, yaitu tes awal (pre-test), pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (post-test). Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, diperoleh hasil bahwa sampel pada penelitian ini berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Pengujian hipotesis menggunakan uji tes âtâ dengan kriteria pengujian apabila t hitung ? t tabel maka hipotesis nihil ditolak dan sebaliknya apabila t hitung < t xss=removed xss=removed> ttabel, maka hipotesis nihil ditolak, yang menandakan bahwa strategi Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri 2 Bajugan. Kata kunci: Strategi Index Card Match, Hasil belajar IPS |