JudulIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SBdP BERBASIS BUDAYA LOKAL SISWA KELAS V SD AL-KHAIRAAT DONGGULU |
Nama: FITRATUL WAHDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Fitratul Wahda, 2021. “ Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran SBdP Berbasis Budaya Lokal di SD Al-Khairaat Donggulu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) berbasis budaya lokal terhadap pemahaman tangga nada siswa kelas V di SD Al-khairaat Donggulu. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru SBdP dan Siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan (1) Implementasi pendidikan karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Berbasis Budaya Lokal pada materi Memahami tangga nada Siswa Kelas V di SD Al-Khairaat Donggulu dilakukan melalui pendidikan Religuis, di mana sebelum memulai pembelajaran siswa berdoa dan mendoakan para pejuang yang telah mendahului; Toleransi, di mana siswa saling menghargai suku, agama, perilaku dan tindakan orang lain; Semangat Kebangsaan, dimana siswa selalu dibiasakan menyanyikan lagu kebangsaan agar senantiasa mengingat dan meneladani semangat perjuangan pahlawan. (2) Terdapat empat kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) berbasis budaya lokal , diantaranya; kurang jelas program budaya lokal kaili yang telah diterapkan, tidak ada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berdasarkan kurikulum, kurangnya sumber belajar dan terbatasnya waktu belajar, Kurangnya Sarana dan Prasarana penunjang dalam kegiatan praktek belajar Luring (Luar Jaringan) (3) Terdapat tiga upaya guru dalam mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter berbasis budaya lokal kaili, diantaranya pemerintah mengadakan pelatihan pada guru, mencari bahan ajar penunjang dan penambahan waktu pelajaran. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Budaya Lokal, SBdP |