Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 9 MAMBORO
Nama: AKBAR
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Akbar 2020. Analisis Model Pembelajaran Pakem Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 9 Mamboro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Dosen Pembimbing: Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd,. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran berbasis Pakem berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 9 Mamboro.Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Menggunakan sampel 1 guru dan 20 siswa kelas V di SDN 9 Mamboro.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan.Hasil penelitian ini adalah Siswa kelas V di SDN 9 Mamboro yang diteliti, dalam melaksanakan pembelajaran Pakem berbantuan media interaktif memperoleh 60,00?ngan kriteria baik.Simpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran Pakem berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswaa kelas V SDN 9 Mamboro sudah baik.Saran penelitian ini adalah guru dan siswa harus kreatif, inovatif dan produktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan pembelajaran pakem berbantuan media interaktif, sehingga kualitas pembelajarannya lebih baik, siswa lebih mudah memahami materi, dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci : Analisis; Model Pembelajaran Pakem; Media Interaktif; IPS; Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up