JudulEFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SDN EMEA DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID19 |
Nama: SULIS WIJI LESTARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sulis Wiji Lestari, 2020. Efektivitas bimbingan belajar Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Emea di tengah Situasi Pandemi Covid19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Berdasarkan wawancara kepada guru di SDN Emea bahwa bimbingan belajar yang diberikan kepada siswa terlihat masih rendah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V masih rendah pula. Jika dipresentasikan rendahnya hasil belajar tersebut berkisar 65?ri jumlah siswa dikelas V SDN Emea. Sehingga ketuntasan belajar hanya mencapai 35% saja. Kedaan ini tentunya sangat memprihatinkan dan tentunya sangat jauh dari harapan ini akan berdampak pada hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan guru dalam proses belajar yang diberikan guru terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Emea. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana penelitian ini yaitu penulis memberikan gambaran secara jelas dan rinci mengenai bagaimana bimbingan belajar tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Emea. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dengan db = 54 maka hipotesi (H_a) diterima, berdasarkan perolehan t_(hitung ) 3,945571 >t_(tabel ) 1,67356 dan H_0 ditolak. Terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN Emea. Kata Kunci: Efektivitas bimbingan belajar Guru. Hasil Belajar IPS. |