Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI KASUS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 11 RIO PAKAVA DI MASA PANDEMI COVID-19
Nama: DIAH SEPTIYANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Diah Septiyani, 2020. Studi Kasus Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 11 Rio Pakava Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah,S.Pd.,M.Pd Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SDN 11 Rio Pakava bahwa peneliti mengamati perilaku siswa dengan model belajar kunjungan rumah oleh guru dan siswa belajar secara kelompok maksimal 5 orang dimasa covid 19 ini pada kelas V SDN 11 Rio Pakava, dalam proses pembelajaran dan saat jam istirahat, peneliti menemukan siswa yang tidak mengerjakan PR, kurangnya referensi tentang materi IPS, berdasarkan hasil wawancara penaliti terhadap siswa kelas V SDN 11 Rio Pakava tentang pelajaran IPS bahwa masih ada anggapan belajar IPS adalah mudah/tidak penting IPS tidak menjadi bagian dari indikator kelulusan sekolah, membosankan, tidak menarik, pembelajaran IPS yang bersifat satu arah guru lebih mendominasi pembelajaran dari siswa serta banyak hafalan, dan penggunaan media pembelajaran yang kurang. Tujuan penelitian Untuk mengungkap faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Rio Pakava dan Untuk mengetahui upaya guru mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 11 Rio Pakava. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil Penyebab kesulitan belajar siswa adalah kurangnya perlakuan guru dalam memberikan bahan-bahan bacaan mengenai mata pelajaran IPS, kurangnya penggunaan media pelajaran IPS, serta kurang mendapat perhatian orang tua apabila siswa itu mendapat nilai rendah, kesiapan, minat, intelegensi siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS, dan cacat tubuh yang diderita siswa dan Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu melakukan pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran, penggunaan media gambar, memberikan pelajaran tambahan sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan, memberikan tugas rumah dan pengajaran remedial. Kata Kunci: Studi Kasus, Kesulitan Belajar IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up