Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 09 MAMBORO
Nama: SUKRIYADI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sukriyadi (2020). Peningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media gambar pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 09 Mamboro. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Huber Yaspin Tandi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 09 Mamboro. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bahwa dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 09 Mamboro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 23 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 73,9?n daya serap klasikal adalah 75,2%. Pada tindakan siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 91,3?n daya serap klasikal mencapai 82,1%. Hasil pengamatan siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase 60,2% pada pertemuan II siklus I diperoleh persentase 70,5%, untuk hasil pengematan guru pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase 77% pada pertemuan II siklus diperoleh 81%, sedangkan pada hasil pengamatan siswa siklus II pertemuan I diperoleh persentase 81,6% pada pertemuan II siklus II diperoleh persentase 90% untuk hasil pengamatan guru pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase 86,2% pada pertemuan II siklus II diperoleh persentase 91,3%. Hal ini menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran, hasil pengamatan dan hasil belajar sudah memenuhi indikator kinerja yang ditentukan. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 09 Mamboro. Kata kunci : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Media Gambar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up