JudulPENGARUH METODE DRILLTERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR PERMULAAN SISWA DI KELAS 2 SDN2 BINANGGA |
Nama: ARUL |
Tahun: 2021 |
Abstrak AnakusiadiniAnak usia dini sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental yang sangant pesat, Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa Kelas 2 di SDN 2 Binangga. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar terhadapkemampuanMenggambarpermulaansiswa, melihat manfaat menggambar yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya Model Pembelajaran strategi Berbasis Masalah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuansiswamenggambarpermulaanmelaluimetode drill, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran pada siswa Kelas 2 di SDN 2 Binangga.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas 2 di SDN 2 Binanggaberjumlah 16 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 16 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,28%.Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK>85%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 71,25%yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK>70%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 53,28% meningkat menjadi 89,28% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 61,42% meningkat menjadi 71,25% pada siklus II pada proses pembelajaran MenggambarPermulaanDenganMenggunakanMetode Drill. |