JudulHUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 9 MAMBORO |
Nama: ZULFIANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Zulfiani, (2021). Hubungan Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Kleas V di SDN 9 Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fkip. Universitas Tadulako, Pembimbing: Herlina. Penelitian Hubungan Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 9 Mamboro. Permasalahan pokok penelitian adalah masih kurangnya kepemimpinan guru di SDN 9 Mamboro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa SDN 9 Mamboro. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V berjumlah 20 orang laki-laki yang terdiri dari 14 orang dan perempuan yang teridiri dari 6 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam proses penelitian yaitu teknik purposive sampling, dari persentasi populasi p dengan tingkat keyakinan 95%. Instrument yang digunakan dalam proses penelitian adalah angket yang dibagikan ke siswa untuk memperoleh data kepemimpinan guru dengan prestasi belajar siswa. Analisis data penelitian dengan teknik persentasi, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikasi 95%. Berdasarkan hasil deskripsi telah diperoleh 65% memiliki kepemimpinan belajar sangat tinggi, 35% memiliki kepemimpinan belajar tinggi. Tidak ada yang memiliki kepemimpinan belajar cukup, rendah, maupun sangat rendah. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa r hitung > r table atau 0,784 > 0,444. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan guru dengan prestasi belajar siswa di kelas V SDN 9 Mamboro. Kata kunci : Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa |