JudulANALASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI KELAS V SDN 2 KAWATUNA |
Nama: VIVI PARAMITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas V SDN 2 Kawatuna dengan jumlah responden 9 orang. Penelitian ini menggukan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Deskriptif adalah jenis penelitian untuk membuat pencitraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembagian angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam mata pelajaran SBdP pada hasil olahan angket (1) Religius yaitu sikap dan patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain, dengan jumlah persentase 47,22 %, (2) Disiplin yaitu tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh terhadap berbagai ketentuan dan peraturan, dengan jumlah persentase 49,99 %. (3) Kreatif yakni berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghaslkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki, dengan jumlah persentase 29,63 ?n (4)Tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku seorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), Negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan jumlah persentase 55,55 %. Jadi dari nilai-nilai pendidikan karakter diatas yang sangat berhubungan pada pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas V SDN 2 kawatuna adalah nilai karakter tanggung jawab yang mana persentasenya 55,55 % lebih tinggi dari nilai karakter lainnya. |