JudulPEMEBELAJARAN IPS DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 2 NGGAWIA |
Nama: MOH RIDWAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Ridwan, 2020. Pemebelajaran IPS dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 2 Nggawia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Rendahnya hasil belajarnya siswa kelas V, Karena pembelajaran IPS, guru cenderung menyampaikan materi, sementara siswa mendengarkan menerima materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran IPS, siswa seringkali terlihat jenuh/bosan. Hal ini disebabkan siswa belum bisa melihat makna atau fungsi dari materi yang sedang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya yang bisa dilakukan adalah penerapan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekaligus bisa membantu siswa melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya adalah penerapan CTL. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran dengan penerapan CTL pada siswa kelas V SDN 2 Nggawia. Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Nggawia berjumlah 24 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada siklus I tindakan II persentase aktivitas siswa sebesar 71,42% atau nilai rata-rata (NR) siklus I sebesar 62?ngan kriteria Cukup dan pada siklus II tindakan II persentase aktivitas siswa sebesar 92,85?ngan nilai rata-rata (NR) sebesar 87?ngan kriteria baik. Selanjutnya penerapan CTL juga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, pada siklus II diperoleh persentase tes akhir KBK sebesar 87,5?n DSK sebesar 70,20?ngan 21 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas. Kemampuan pengelolaan guru dalam penerapan CTL pada siswa efektif, karena pada siklus II diperoleh rata-rata kemampuan pengelolaan guru sebesar 90,5% sudah mencapai kriteria sangat baik. Kata Kunci: Penerapan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |