JudulANALISIS PEMBELAJARAN SBdP SISWA KELAS IV DI SDN 3 SINDUE TOBATA PADA MASA COVID-19 |
Nama: RAHMIATI YABI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat guru mengajar SBdP dalam situasi Covid-19 terhadap siswa kelas IV di SDN 3 Sindue Tobata. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDN 3 Sindue Tobata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif, adapun data di olah dan di analisis dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis data kuantitatif sebagai pendukungnya. Penelitian kualitatif merupakan studi yang melibatkan seluruh situasi atau objek penelitian. Tujuan Penelitian Kualitatif adalah mengungkapkan makna terdalam, menjelaskan proses, mendeskripsikan secara lengkap dan rinci. Adapaun data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dalam angket. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini di lihat dari 30 siswa yang menjadi responden terdapat persentase jawaban Selalu 29 %, sedangkan 26 %menjawab pernah, 30 % menjawab Kadang-kadang dan 15 % menjawab Tidak Pernah. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 4 alternatif jawaban yang tersedia, siswa lebih banyak memilih Kadang-kadang dan paling sedikit memilih Tidak Pernah. Hal ini berarti pembelajaran SBdP dalam situasi Covid-19 pada siswa kelas IV di SDN 3 Sindue tobata guru masih kadang-kadang menggunakan komponen-komponen pembelajaran. |