Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 4 DI SDN INPRES PEDONGGA MELALUI KUNJUNGAN RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19
Nama: NI NYOMAN TINA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ni Nyoman Tina. 2020. Analisis Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Di Sdn Inpres Pedongga Melalui Kunjungan Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi data yang lengkap, jelas, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sejauh mana penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 Di SDN Inpres Pedongga melalui kunjungan rumah pada masa pandemi covid 19. Masalah yang diteliti yaitu “ Bagaimana penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 Di SDN Inpres Pedongga melalui kunjungan rumah pada masa pandemi covid 19” Dengan jumlah 19 siswa. Penelitian ini menganalisis penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 Di SDN Inpres Pedongga melalui kunjungan rumah pada masa pandemi covid 19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan wawancara serta observasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Hubermen melalui tiga tahap yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4 sudah baik adanya. Karena dapat menumbuhkan minat belajar dalam diri siswa. Hal ini terbukti dengan banyaknya responden yang menyatakan sekitar 16 (84%) bahwa siswa selalu merasa senang saat belajar menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT), dan 10 (53%) bahwa dengan diterapkannya model kooperatif tipe Numbered Head Togehter mendukung kemauan belajar siswa pada masa pandemi covid 19. Kata kunci: Model Pembelajaran kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up