JudulANALISIS KREAVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI DI SD KRISTEN GPID PALU |
Nama: ABIHUT KALILO |
Tahun: 2021 |
Abstrak Abihut Kalilo, 2021. Analisis Kreavitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Membaca Puisi Di SD Kristen GPID Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreavitas siswa terhadap hasil belajar membaca puisi di SD Kristen GPID. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada mengenai kreavitas siswa terhadap hasil belajar membaca puisi di SD Kristen GPID. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada Tahun ajaran 2020/2021. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV di SD Kristen GPDI Palu yang berjumlah 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan yaitu dari 25 siswa, kreativitas siswa terhadap hasil belajar membaca puisi di SD Kristen GPID telah berjalan dengan baik. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana rata-rata siswa dalam memberikan tanggapan atau jawaban yaitu setiap siswa memilih alternatif jawaban sering. Artinya setiap siswa memiliki keberanian atau tingkat kreatif dalam membacakan puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Kreativitas Siswa, Membaca Puisi |