JudulPERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI TENGAH SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN TOMBI KECAMATAN AMPIBABO |
Nama: IRMA BABAO |
Tahun: 2021 |
Abstrak Irma Babao, 2020. Peran Guru terhadap Motivasi Belajar di tengah Situasi Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V SDN Tombi Kecamatan Ampibabo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Hasil observasi guru mengalami kesulitan melakukan motivasi belajar dengan situasi siswa yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Guru kelas V SDN TOMBI menyadari bahwa perlunya memberikan motivasi siswa agar kemampuan serap materi dipahami dengan baik oleh siswa. Kemudian peneliti melakukan wawancara dengan berkunjung kerumah beberapa siswa, penelitih terlibat dalam pembicaraan mengenai apakah guru melakukan motivasi belajar pada saat proses pembelajaran dilaksanakan, jawabanpun beragam dari masimasing siswa. Jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Data terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil analisis deskriptif Kriteria peran guru klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 15 siswa atau 48,39% yang menyatakan peran guru di SDN Tombi cukup, 16 siswa atau 51,61% yang menyatakan peran guru kurang Sedangkan dari kriteria motivasi belajar siswa dapat dilihat dari klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 41,93% yang menyatakan motivasi belajar siswa cukup dan 18 siswa atau 58,07% yang menyatakan motivasi belajar siswa di SDN Tombi kurang. Kemudian Hasil analisis data mengenai hubungan antara peran guru dengan motivasi belajar siswa, di mana r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 95%, yaitu r hitung = 0,8873 di bandingkan r tabel = 0,355. Dengan demikian hipotesis penelitian ada hubungan antara peran guru dengan motivasi belajar siswa di SDN Tombi di terima atau besar kontribusi yang diberikan sebesar 78,73 %. Kata Kunci : Peran guru, Motivasi Belajar Siswa kelas V. |