JudulPERANAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID19 DI KELAS VI SDN BAMBALEMO KECAMATAN PARIGI |
Nama: ARINI NURAZIZAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Arini Nurazizah, 2020. Peranan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19 di Kelas VI SDN Bambalemo Kecamatan Parigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Berdasarkan permasalahan hasil observasi yang peneliti lakukan bulan Juni 2020 yang lalu pada guru SDN Bambalemo Kecamatan Parigi, ada rasa ingin tahu penulis apakah Guru-guru kelas VI di SDN Bambalemo sudah berperan optimalkan dan memaksimalkan proses pembelajaran yang terbilang tidak biasanya, yaitu proses pembelajaran langsung separuh, maksud dari peneliti adalah proses pembelajaran yang di lakukan di SDN Bambalemo dengan membagi siswa pada pola distribusi berdasarkan jam, maka dalam dan jumlah siswa, dimana siswa di ajari dalam skala terbatas, yaitu 5 sampai 6 orang setiap harinya untuk satu mata pelajaran yang di ajarankan pada siswa kelas VI SDN Bambalemo. Setelah peneliti melakukan observasi aktif menemukan bahwa belum semua guru mengoptimalkan dan memaksimalkan peranan nya pada peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah dengan baik, sehingga perlu diadakan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru terhadap prestasi belajar Siswa di SDN Bambalemo Kecamatan Parigi dan Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah optimalisasi dan maksimalnya penarapan peranan guru di kelas VI SDN Bambalemo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh tentang persiapan guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran diperoleh 22 orang siswa atau 91,67% menyatakan sangat setuju bahwa guru telah melakukan persiapan guru yang baik sebelum memulai kegiatan pembelajarannya di kelas VI dan terdapat 2 orang siswa atau 8,33% siswa menyatakan setuju. Pada butir pembelajaran efektif terdapat 10 orang siswa atau 41,67% menyatakan sangat setuju dan 14 orang atau 58,33% menyatakan setuju. Pada salah satu point yaitu tentang melibatkan rekan-rekan Guru secara Kolektif (Kelompok) dalam Menejemen Kelas terdapat 7 orang siswa atau 29,17% menyatakan sangat setuju, terdapat 3 siswa atau 12,50% menyatakan setuju, 0 siswa atau 0% menyatakan kurang setuju, 12 orang siswa atau 50% menyatakan tidak setuju dan ada 2 orang siswa atau 8,33%. |