JudulHUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BEAJAR SISWA KELAS V DI SDN 8 MASAINGI SINDUE |
Nama: NURUL MAWAHDA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Mawahda 2021, “Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 8 Masaingi Sindue”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen pembimbing : YusdinM. Gagaramusu. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 8 masaingi Sindue ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 8 Masaingi sindue. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. data yang dikumpulkan mengunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 orang perempuan. Data yang diperoleh selanjutnya. diolah dan dianalisis dengan mengunakan teknik presentase dan kolerasi product moment. Pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 20 orang siswa kelas V SDN 8 masaingi sindue ada 16 orang siswa atau 80% memiliki motivasi belajar tinggi dan 4 orang siswa atau 20% yang memiliki motivasi belajar sedang dan tidak ada siswa atau 0% yang memiliki motivasi belajar rendah. sehingga ditemukan rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung>rtabel 0,997>0,444), dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa SDN 8 masaingi Sindue. Kata kunci : Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar |