JudulHUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR INPRES BARU |
Nama: CITRA YULIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Citra Yulia, (2021). Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Inpres Baru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal, S.Ag, M.Pd. dan Dr. Humaedi, S.Pd., M.Pd. Penelitan Hubungan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Siswa Sekolah Dasar Inpres Baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara gaya belajar dengan prestasi siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar Inpres Baru. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 20 orang siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik purposive sampling, dengan presentasi p± 0,5 dari persentasi populasi p dengan tingkat keyakinan 95% intstrumen yang digunakan dalam proses penelitian adalah angket untuk memperoleh data hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Analisis data peneltian dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. berdasarkan hasil deskripsi telah diperoleh 80% siswa memiliki gaya belajar yang sangat tinggi, 20% yang tinggi. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa memiliki prestasi yaitu 20% siswa yang memiliki prestasi belajar baik sekali, 80% memiliki prestasi belajar yang baik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai r hitung > r tabel atau 0,4858 > rt 0,468. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Baru Kata kunci : Gaya belajar, Prestasi belajar |