JudulANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES JONO OGE DI MASA COVID-19 |
Nama: MELLY ALISA TOWINALOA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Melialisia Towinaloa (2021), Analisis Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Jono Oge Di Masa Covid-19. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peran orangtua terhadap hasil belajar siswa di masa Covid-19 pada kelas VI SD Inpres Jono Oge.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Tehnik pengumpulan data yang di gunakan wawancara, angket dan dokumentasi sedangkan alat pengumpulan datanya adalah pedoman wawancara, lembar angket dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang orang tua terhadap hasil belajar siswa masih rendah, dari 20 siswa yang menjadi responden terdapat 5% peran orang tua sedang terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Jono Oge di Masa Covid-19, 90% peran orang tua rendah terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Jono Oge di Masa Covid-19, dan 5% peran orang tua sangat rendah terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Jono Oge d Masa Covid-19 di keranakan orang tua sibuk sehingga tidak memilki waktu, latar belakang pendidikan orang tua, selain itu faktor ekonomi sehingga orang tua tidak dapat menyediakan fasilitas belajar. Kata kunci : Peran Orangtua, Hasil Belajar Siswa |