JudulPeran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV Di SDN 2 Banawa Kabupaten Donggala |
Nama: AL-MAIDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak "Peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala". Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas Tadulako. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa siswi kelas IV yang berjumlah 15 orang yakni terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan dan 1 orang guru kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala terlibat dalam penelitian pada tahun ajaran 2021-2022. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala telah berperan dengan baik dalam pengelolaan maupun dalam membentuk karakter siswa. Pada aspek peran guru sebagai fasilitator mendapatkan kategori cukup baik. Kata kunci : Peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 2 banawa kabupaten donggala. |