JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD INPRES LEMUSA |
Nama: MOH. DJIHAD HIDAYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh. Djihad Hidayah 2023, Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Diskusi pada Siswa Kelas V SD Inpres Lemusa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lemusa. Penelitian ini menggunakan desain pnelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 32 orang siswa, terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian pra tindakan dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan siswa yang tuntas 16 orang dari 23 orang siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 50?n daya serap klasikal 56,25%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dari 32 orang siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 62,50?n daya serap klasikal 65,94%. Pada siklus II siswa yang tuntas 30 orang dari 32 orang siswa dengan presentase ketuntasan klasikal 93,75?n daya serap klasikal 89,06%. Hasil pengamatan aktivitas Guru yaitu diperoleh pada siklus I sebesar 66,66%, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 91,66%. Sedangkan pengamatan aktifitas siswa pada siklus I yaitu 55%, meningkat pada siklus II yaitu sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Lemusa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Metode diskusi, Hasil Belajar |