JudulPERAN GURU KELAS IV SD DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN INTI INPRES BTN SILAE |
Nama: ANDI SITI FATIMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Andi Siti Fatima. (2020). “Peranan Guru Kelas IV Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemic covid-19 Di SDN INTI INPRES BTN SILAE”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Rizal, S.Ag., M.Pd. Rumusan Masalah dalam meneliti adalah apa yang menyebabkan peranan guru kelas IV dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemic covid 19.Tujuan dan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apa peranan guru kelas IV dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di masa pandemic covid-19. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif.Menggunakan angket dari 20 orang siswa kelas IV di SDN INTI INPRES BTN SILAE.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hal ini berdasarkan angket pembelajaran masa pandemic yang telah diberikan sebelumnya kepada siswa yang menjadi sampel penelitian yang dapat dilihat dari presentase jawaban Sangat Setuju (SS) sebesar 49,75 %, sedangkan 42,5% menjawab Setuju (S), 5,25% menjawab Ragu-Ragu (R), 2% menjawab Tidak Setuju (TS) dan 0,5% menjawab Sangat Tidak Setuju (STS), total keseluruhan persentase peranan guru yaitu 87,90%. Adapun kendala selama pembelajaran berlangsung diantaranya yaitu guru yang masi kurang memahami siswa dan kondisi pandemic covid 19 yang membuat siswa tidak belajar dikelas. |