Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI BERBAGAI WUJUD BENDA SISWA KELAS III SDN 3 TANANTOVEA
Nama: IJA JULIANA
Tahun: 2021
Abstrak
Ija Juliana. (2021). “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Mengunakan Metode Eksperimen Pada Materi Berbagai Wujud Benda Siswa Kelas III SDN 3 Tanantovea”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Tanantovea pada materi berbagai wujud benda. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Tanantovea dengan mengunakan metode eksperimen pada materi berbagai wujud benda. Instrument yang digunakan pada pengumpulan data adalah menggunakan observasi dan evaluasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mengunakan rumus daya serap individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian pada siklus I pada lembar evaluasi siswa presentase ketuntasan klasikal 69?n presentase daya serap klasikal 70%. observasi aktivitas siswa diperoleh presentase rata-rata 60?ngan kriteria kurang. pada observasi aktivitas guru diperoleh presentase rata-rata 75%. Pada siklus II lembar evaluasi siswa diperoleh presentase daya serap 82,1?n presentase ketuntasan klasikal 86,9?ngan kriteria sangat baik. observasi siswa diperoleh presentase rata-rata 83,9?ngan kriteria sangat baik. Pada observasi aktivitas guru diperoleh presentase rata-rata 9,16?ngan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tanantovea dengan menggunakan metode eksperimen menjadi meningkat. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up