JudulHUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES JONO OGE |
Nama: LEONI THE PRILLIA PALUMPUN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Leoni The Prillia Palumpun 2021 : Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Jono Oge. Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing : Rizal, S.Ag., M.Pd Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Jono Oge Kcamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Permasalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Jono Oge. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Jono Oge yang berjumlah 20 orang siswa dengan 4 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan sehingga pada penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Jono Oge, Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Jono Oge. Hasil analisis data mengenai keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa, dimana rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu rhitung = 0,527 dibandingkan rtabel = 0, 468, yang artinya ada hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Jono Oge. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar |