JudulANALISIS PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN INTI INPRES BTN SILAE |
Nama: DINA ARWINI BAHAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak Dina arwini bahar (2020), Analisis Pembelajaran Efektif Pada Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN INTI INPRES BTN SILAE. Hasil penelitian program studi pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas tadulako, pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. Rumusan Masalah dalam meneliti adalah apakah pembelajaran efektif yang dapat digunakan pada masa pandemic pada mata pelajaran IPS SDN INTI INPRES BTN SILAE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran efektif pada masa pandemi pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN INTI INPRES BTN SILAE. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Menggunakan angket dari 20 orang siswa kelas V dan wawancara 1 guru kelas. Mengacu pada pembelajaran efektif dengan menggunakan pembelajaran dalam jaringan (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) pada masa pandemi dapat di simpulkan bahwa sudah berjalan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil angket siswa dalam pembelajaran efektif di SDN INTI INPRES BTN SILAE dari jumlah 20 responden siswa yang dapat dilihat dari persentase jawaban Sangat Setuju (SS) sebesar 44,75 %, sedangkan 44% menjawab Setuju (S), 9,5% menjawab Ragu-Ragu (R), 1,75% menjawab Tidak Setuju (TS) dan 0% menjawab Sangat Tidak Setuju (STS), total keseluruhan persentase pembelajaran efektif yaitu 86,35%. Jadi berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan dari berbagai alternatif indicator yang tersedia. Siswa lebih banyak memilih jawaban Sangat Setuju dan paling sedikit menjawab Sangat Tidak Setuju. Hal ini berarti bahwa pembelajaran masa pandemi di SDN Inti BTN Silae sudah berjalan dengan baik, sebagaimana yang diharapkan seluruh pihak. |