JudulPENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP DI KELAS IV SDN TONDO |
Nama: MARGARET MAHARANI BODE |
Tahun: 2021 |
Abstrak Media pembelajaran video merupakan suatu alternatif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat berfikir aktif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video pada SDN Tondo. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tidak menggunakan video pada SDN Tondo. Bagaimana respon siswa dalam belajar dengan menggunakan media video dan respon siswa yang tidak menggunakan media video pada SDN Tondo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol termasuk kategori sangat tinggi, dimana persentase kelas eksperimen 86,63?n kelas kontrol 77,53%. Terdapat perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kontrol pada mata pelajaran SBdP, dapat dilihat denggan uji-t nilai sig. (2-tailed) untuk kelas eksperimen sebesar 0,014 lebih besar dari taraf signfikasi 0,005 (0,014>0,005) begitupun dengan hasil sig. (2-tailed) untuk kelas kontrol sebesar 0,018 lebih besar dari taraf signifikasin 0,005 (0,018>0,005) artinya kedua ini memiliki perbedaan yang signifikan. Nilai t dari kelas Ekperimen sebesar 2,545 lebih besar dari t tabel (1.70562) begitupun dengan nilai t dari kelas Kontrol sebesar 2,467 lebih besar dari t tabel (1.71714), artinya ada perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan pembelajaran menggunakan media video dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV SDN Tondo. |