JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 8 BALAESANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL |
Nama: DIAN SRIWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Dian Sriwati. (2021). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 8 Balaesang melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Media Audi Visual”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Abdul Rahman, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus hidup mahkluk hidup dengan menggunakan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Media Audio Visual pada siswa kelas IV SDN 8 Balaesang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran, serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas individu 8 orang dan tidak tuntas individu 12 orang dengan daya serap klasikal 67,14?n ketuntasan belajar klasikal 40%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan yang diperoleh 73,84?n hasil observasi siswa diperoleh 69,23%. Siklus II diperoleh tuntas individu 19 orang dan tidak tuntas individu 1 orang dengan daya serap klasikal 89,28%, dan ketuntasan belajar klasikal 95%. Hasil observasi guru sesuai pengamatan diperoleh 87,69?n hasil observasi siswa diperoleh 76,92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan sains teknologi masyarakat berbasis media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Media Audio Visual, Hasil Belajar |