JudulANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES JAYA MAKMUR DIMASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: NI MADE LISA FERAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ni Made Lisa F, 2020. Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Metode Penugasan dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SD Inpres Jaya Makmur Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Arif Firmansyah. Metode penugasan adalah sebuah metode penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Metode ini diberikan karena dirasakan bahan pelajaran yang tersedia terlalu banyak , sementara waktu sedikit. Dalam pembelajaran IPS, metode ini dapat menolong guru dalam melangsungkan pembelajaran. Pembelajaran IPS identik dengan pembelajaran yang dipenuhi dengan materi-materi berupa bacaan, yang akan menyita banyak waktu dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemmapuan guru menerapkan metode peenugasan dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Inpres Jaya Makmur di masa pandemi Covid-19. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek Penelitian adalah guru kelas IV SD Inpres Jaya Makmur dan Siswa Kelas IV yang berjumlah 15 orang, terdiri dari 9 orang siswa perempuan dan 6 orang siswa laki-laki. Hasil observasi aktivitas guru dalam menerapkan metode penugasan memperoleh nilai persentase sebesar 71,15 ?n memiliki kategori baik. Kemudian didukung oleh data hasil wawancara terhadap guru dan siswa yang menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode penugasan sudah baik. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS. |