Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR AKTIF SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD INTI INPRES BTN SILAE
Nama: SUSI SRI HANDAYANI
Tahun: 2021
Abstrak
Susi Sri Handayani, 2020. “Efektivitas Strategi Belajar Aktif Serta Relevansinya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inti Inpres BTN Silae”. Skripsi. Program studi pendidikan guru sekolah dasar. Program sarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi belajar aktif (active learning) dalam proses pembelajaran. karena di dalam startegi belajar aktif ada metode-metode yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan mengaktifkan siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran aktif dalam pencapaian prestasi belajar di SD Inti BTN Silae sudah efektiv. Untuk mengetahui pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study). Penelitian dilakukan di SD Inti Inpres BTN Silae, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Implementasi strategi belajar aktif dalam pembelajaran tematik, (1) Konsep belajar aktif adalah suatu pembelajaran yang yang menjadikan siswa-siswanya lebih aktif, kreatif, inovatif dan mandiri. (2) Implementasi strategi belajar aktif dalam pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, dimana guru menggunakan beberapa metode yang bervariasi sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. metode yang diterapkan dalam pembelajaran tematik antara lain metode inkuiri, metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning), metode pembelajaran bola salju (snowball), serta metode eksperimen sehingga kegiatan pembelajaran menarik dan siswa lebih banyak pertartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. (3) Dampak dari implementasi strategi belajar aktif adalah siswa menjadi aktif, maksudnya aktif bertanya, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah. Selain itu siswa juga menjadi kreatif dan mandiri. Hal ini berimbas pada nilai akademik dan lulusan yang berkualitas. Adapun kendala dalam implementasi strategi belajar aktif adalah masalah terbatasnya waktu, masalah kelas besar yang mempersulit kegiatan pembelajaran berjalan maksimal, serta terbatasnya alat peraga dan media pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up