JudulKEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDN KAWATUNA |
Nama: NELSIYANA MERONCO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nelsiyana Meronco (2021). Kemampuan Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SDN Kawatuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru, dengan jumalah 12 orang tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah sebagian dari jumalah populasi yaitu 6 orang guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket kemampuan guru menyusun RPP, lembar wawancara kepala sekolah dan lembar wawancara pengawas. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, SDN Kawatuna diperoleh hasil penelitian yaitu kemampuan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 rata-rata 3,55(Baik). Kemampuan guru menyusun RPP sangat terbantu oleh peran berbagai sumber informasi tentang sistem penyusunan RPP berdasarkan 2013 di antaranya adalah pelksanaan pelatihan-pelatihan, KKG, informasi melalui internet, antar teman sejawat dan sumber lainnya yang dapat membantu guru memahami cara dan sistem penyusunan RPP berdasarkan kurikulum 2013. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013. |