JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Metode Inquiri Di Kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora |
Nama: NUR'AINI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nur’Aini (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Metode Inquiri di kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas V SDN 9 Sindue Tombusabora. Subyek penelitian melibatkan 11 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan menunjukkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 20 dari 11 orang siswa hanya 4 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu dan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan presentase daya serap individu 53,63?n presentase ketuntasan belajar klasikal 36,36%.Pada Siklus I hasil observasi aktivitas guru pertemuan pertama 61,76?n pertemuan kedua 73,53% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama 60,93?n pertemuan kedua 71,87?ngan kriteria cukup. hasil belajar siswa menunjukan presentase daya serap individu 68,81?n presentase ketuntasan belajar klasikal 54,54%. Mengalami peningkatan pada siklus II menunjukan hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama 89,70?n pertemuan kedua 94,11% sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pertemuan pertama 89,06?n pertemuan kedua 93,75?ngan kriteria sangat baik. hasil belajar siswa menunjukan presentase daya serap individu 86,72?n presentase ketuntasan belajar klasikal 81,81%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model inquiri |